Rabu, 30 November 2011

Apa itu biologi?

       

   Biologi adalah studi tentang kehidupan - kehidupan dalam segala kemegahan-nya. Dari ganggang yang sangat kecil untuk gajah yang sangat besar, kehidupan memiliki sebuah keajaiban tertentu tentang hal itu. Dengan itu dalam pikiran, bagaimana kita tahu apakah ada sesuatu yang hidup? Adalah virus hidup atau mati? Apa karakteristik dari kehidupan? Ini semua adalah pertanyaan yang sangat penting dengan jawaban yang sama penting.
Karakteristik Kehidupan
Makhluk hidup mencakup baik dunia yang terlihat dari hewan dan tumbuhan, serta dunia tak kasat mata bakteri. Pada tingkat dasar, kita dapat mengatakan bahwa hidup diperintahkan. Organisme memiliki organisasi yang sangat kompleks. Kita semua terbiasa dengan sistem yang rumit dari unit dasar kehidupan, sel.
Hidup juga dapat "bekerja." Tidak, bukan variasi pekerjaan harian, tetapi makhluk hidup dapat mengambil energi dari lingkungan. Energi ini, dalam bentuk makanan, diubah untuk mempertahankan proses metabolisme dan untuk bertahan hidup.
Kehidupan tumbuh dan berkembang. Ini berarti lebih dari sekedar mendapatkan lebih besar dalam ukuran. Organisme hidup juga memiliki kemampuan untuk membangun kembali dan memperbaiki diri ketika terluka.
Kehidupan dapat mereproduksi. Apakah Anda pernah melihat kotoran berkembang biak? Saya tidak berpikir begitu. Kehidupan hanya bisa berasal dari makhluk hidup lainnya.
Hidup dapat merespon. Pikirkan tentang terakhir kali Anda sengaja mematikan kaki Anda. Hampir seketika, tersentak Anda kembali sakit. Hidup ditandai oleh respon terhadap rangsangan.
Akhirnya, hidup bisa beradaptasi dan merespon tuntutan ditempatkan pada itu oleh lingkungan. Ada tiga jenis dasar adaptasi yang dapat terjadi pada organisme yang lebih tinggi.

    
Perubahan reversibel terjadi sebagai respon terhadap perubahan lingkungan. Katakanlah Anda tinggal di dekat permukaan laut dan Anda melakukan perjalanan ke daerah pegunungan. Anda mungkin mulai mengalami kesulitan bernapas dan peningkatan denyut jantung sebagai akibat dari perubahan ketinggian. Gejala-gejala pergi ketika Anda kembali ke permukaan laut.

    
Perubahan somatik terjadi sebagai akibat dari perubahan berkepanjangan di lingkungan. Menggunakan contoh sebelumnya, jika Anda adalah untuk tinggal di daerah pegunungan untuk waktu yang lama, Anda akan melihat bahwa detak jantung Anda akan mulai untuk memperlambat dan Anda akan mulai napas normal. Perubahan somatik juga reversibel.

    
Jenis terakhir ini disebut adaptasi genotipe (yang disebabkan oleh mutasi). Perubahan ini berlangsung dalam susunan genetik dari organisme dan tidak reversibel. Sebuah contoh akan perkembangan resistensi terhadap pestisida oleh serangga dan laba-laba.
Singkatnya, hidup adalah terorganisir, "bekerja," tumbuh, mereproduksi, merespon rangsangan dan beradaptasi. Karakteristik ini membentuk dasar dari studi biologi.
Prinsip Dasar Biologi
Dasar biologi seperti yang ada saat ini didasarkan pada lima prinsip dasar. Mereka adalah teori sel, teori gen, evolusi, homeostasis, dan hukum termodinamika.

    
Teori sel: semua organisme hidup terdiri dari sel. Sel adalah unit dasar kehidupan.

    
Teori Gene: ciri-ciri yang diwariskan melalui transmisi gen. Gen terletak di kromosom dan terdiri dari DNA.

    
Evolusi: perubahan genetik dalam suatu populasi yang diwariskan selama beberapa generasi. Perubahan ini mungkin kecil atau besar, terlihat atau tidak begitu terlihat.

    
Homeostasis: kemampuan untuk mempertahankan lingkungan internal yang konstan dalam menanggapi perubahan lingkungan.

    
Termodinamika: energi yang konstan dan transformasi energi tidak sepenuhnya efisien.
Subdiciplines Biologi
Bidang biologi sangat luas dalam lingkup dan dapat dibagi menjadi beberapa disiplin. Dalam arti paling umum, disiplin-disiplin dikategorikan berdasarkan jenis organisme dipelajari. Sebagai contoh, zoologi berhubungan dengan penelitian pada hewan, berkaitan dengan studi botani tanaman, dan mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroorganisme. Bidang studi dapat dipecah lebih lanjut menjadi beberapa sub-spesialisasi disiplin ilmu. Beberapa yang meliputi biologi anatomi, sel, genetika, dan fisiologi.

0 komentar:

Cute Pink Flying Butterfly

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP